Desa Banyuresmi Gelar Musdesus Penetapan Calon Penerima BLT DD Lanjutan

Cigudeg, BB News | Dalam rangka Validasi, Finalisasi dan penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun anggaran 2020, Pemerintah desa Banyuresmi kecamatan Cigudeg kabupaten Bogor menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) di Aula Kantor Desa, Kamis (6/8/2020).

Diikuti para ketua RT dan RW, Kepala Dusun dan tokoh masyarakat setempat, Musdesus penetapan calon penerima BLT DD tersebut disaksikan BPD Banyuresmi dan perwakilan dari unsur Muspika Cigudeg.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Ketua BPD Banyuresmi, Muhamirusni Samin meminta ketua RT dan RW agar mengikuti aturan dan tepat sasaran dalam melakukan pendataan penerima BLT DD.

“Tolong ketua RT, RW dan Dusun agar tepat sasaran dalam melakukan pendataan calon penerima BLT tahap 2 ini,”

Baca Juga Berita Lainnya  Penyaluran BLT DD Tahap II di Desa Mekarjaya Patuhi Protokol Kesehatan

Pada kesempatan itu juga, Amir -begitu disapa- menegaskan singkronisasi tugas fungsi RT, RW dan Kadus dalam pelayanan terhadap masyarakat.

Satpol PP Kecamatan Cigudeg, Ali Rahmat yang mewakili Sekretaris Camat yang tidak bisa hadir karena ada rapat di Cibinong, pada sambutannya mengulas surat edaran bupati Bogor nomor 142/337/DPMD/ 3020 tentang perpanjangan penyaliran BLT DD.

“Pointnya dalam surat tersebu diantaranya jangka waktu dan besaran dana desa selama 6 bulan mulai April – Juni sebesar 600 dan Juli – September sebesar 300 Ribu Rupiah. Jadi besarannya berbeda dengan BLT DD yang tiga bulan pertama,” ulasnya.

“Artinya yang 600ribu saat ini sudah tidak berlaku. iperlukan musyawarah 325 KPM bisa diganti dengan KPM baru selama tidak tumpang tindih,” jelas Ali.

RT RW sebagai ujung tombak dalam pendataan BLT DD diharapkan untuk memenuhi unsur dan sesuai kriteria penerima bantuan dan tidak tumpang tindih dengan bantuan lainnya.

Baca Juga Berita Lainnya  Musdesus, Kades Agung Ingatkan Data KPM BLT DD Tepat Sasaran

Usai Musdesus, Kepala Desa Banyuresmi, Dena Suryani mengatakan pelaksanaan Musdesus ini untuk mempertegas RT RW dalam mensosialisasikan mekanisme BLT DD lanjutan.

“Musdes ini untuk mempertegas ketua RT RW terkait penyaluran BLT DD lanjutan sesuai surat edaran Bupati Bogor. Yang mana diantaranya perubahan besaran nilai bantuan dari 600ribu menjadi 300ribu,” kata Dena.

Terkait perubahan nama KPM, orang nomor satu di desa Banyuresmi ini menegaskan tidak ada perubahan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM), namun ia membolehkan ketua RT RW untuk merubah nama KPM asalkan sesuai dengan ketentuan.

“Untuk jumlah sebanyak 325 KPM tidak berubah. Tapi untuk nama penerima BLT lanjutan ini boleh dialihkan asalkan tepat sasaran dan tidak tumpang tindih dengan penerima bantuan lainnya,” imbuhnya.

Kades Banyuresmi itu berharap ketua RT RW dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab. (And)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.