Hari Nasional UMKM, Baturaja dan Karangtaruna Sukamaju Dorong UMKM Batu Asahan Hadapi Industri 4.0

Cigudeg, BB News | Kisah sukses bisnis Baturaja, yang bergerak di bidang penyediaan alat bantu asahan golok, pisau dan fungsi lain – lainya, saat ini mereka tetap dapat merasakan manisnya laba dari penjualan alat batu asahan meski didera Pandemi Covid 19.

Saepudin atau biasa di sapa Danho, pelopor usaha batu asahan, yang bermerk Baturaja saat ditemui BBN Rabu (12/8/2020) mengungkapkan, selalu ada risiko krisis yang bisa terjadi kapan saja. Namun, yang perlu dilakukan adalah membuat inovasi baru.

Bacaan Lainnya

Tak dapat dipungkiri, bisnis yang didirikan Danho ini juga merasakan dampak dari Pandemi Covid-19. Menurunnya, daya beli masyarakat dan mahalnya harga bahan baku juga membuat Baturaja dirundung kekhawatiran.

Baca Juga Berita Lainnya  Lahan KUD Tani Gurnita Disulap Jadi Kontrakan, Ini Kata Kadis Koperasi & UMK Kab.Bogor

Dahno berpendapat, Bisnis yang memiliki permintaan yang tinggi akan mudah bertahan ketika situasi perekonomian tidak stabil.

“Hal itulah yang membuat Baturaja terus berkembang, setiap bulannya, permintaan atas alat batu asah selalu tinggi, Ini berhubungan terutama dengan pelaku usaha potong jagal, matrial dan lainnya yang terus berjalan,” ungkapnya.

Di saat krisis Pandemi Covid – 19 terjadi, kata Danho, permintaan alat peraga terhadap Baturaja tidak berpengaruh signifikan.

“Terutama saat kemarin menjelang Idul Adha, permintaannya tetap tinggi,” kata Danho.

“Dengan begitu, maka penjualan Baturaja tetap berkembang. Setidaknya, respon pasar tidak hilang,” sambungnya.

Salah seorangbAnggota karangtaruna Desa Sukamaju, yang juga pelaku bisnis Batu Asahan, Toyib membenarkan pendapat dari Danho.

“Apalagi pada saat ini, persaingan bisnis di bidang batu asah masih rendah dan saya lihat Baturaja menguasai sebagian besar pasar online untuk saat ini, dan saya juga termotivasi untuk mengikuti menjadi pelaku,” ulasnya.

Baca Juga Berita Lainnya  DANREM 172/PWY LEPAS TIGA BATALYON PURNA TUGAS

Toyib dan para kader karangtaruna Sukamaju bersepakat akan mendorong potensi UMKM Batu Asahan menjadi andalan usaha warga Desa Sukamaju, kecamatan Cigudeg kabupaten Bogor. Dengan menyongsong Hari peringatan UMKM yang jatuh pada tanggal 12 Agustus 2020, menuju semangat kedaulatan pangan menghadapi industri 4.0

“Hari ini Baturaja telah menjadi inspirasi pelaku – pelaku usaha batu asahan di Desa Sukamaju untuk semangat dalam menjalankan usahanya, Karena Pelanggan tetap yang berasal dari sejumlah pengusaha dan komunitas inilah yang terus menggerakkan baturaja jadi Brand image yang melekat dalam ingatan batu asahan, kami sangat bangga dan akan mendukung serta mendorong agar UMKM ini maju terus,” pungkasnya. (Bagus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.