Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Pakuan Selenggarakan Bakti Sosial

BOGOR,BB|NEWS- Kota Bogor saat ini menjadi wilayah dengan resiko tinggi penularan Covid-19. Untuk menindaklanjuti hal tersebut Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMASKA) Universitas Pakuan menyelenggarakan Bakti Sosial dalam rangka Pembagian Masker pada hari Kamis, 11 Februari 2021 bertempat di Jl. Merdeka No.56 Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah—Depan Museum Perjuangan—dengan tema “Konsistensi Adaptasi Kebiasaan Baru” yang diikuti oleh 15 anggota.

Bakti sosial ini bertujuan untuk mengedukasi akan pentingnya pemakaian masker di masa pandemi, membagikan 480 buah masker dengan sasaran supir angkot, pejalan kaki, dan warga sekitar yang tidak menggunakan masker di daerah Bogor Tengah.

Sebelum dilaksanakannya bakti sosial pembagian masker, didahului dengan pengecekan suhu menggunakan termogun untuk semua anggota yang terlibat, serta menggunakan handsanitizer. Kemudian dilanjutkan dengan apel pembukaan pukul 8.30 WIB di depan Museum Perjuangan yang dipimpin oleh Apriansyah selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMASKA).

Setelah dilaksanakan apel pagi, dilanjutkan briefing yang dipimpin oleh Ririn selaku pembawa acara dengan membagikan beberapa tim sesuai jumlah partisipan. Tim pembagian masker terbagi menjadi 4 tim telah dibekali oleh 2 kotak masker medis serta beberapa masker kain dan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Baca Juga Berita Lainnya  Kartu Keluarga Sejahtera Di Kecamatan Nanggung Mulai Didistribusikan

Pada pukul 9.30 WIB semua tim mulai membagikan masker dengan lokasi yang telah ditentukan, yaitu Pasar Merdeka, pinggir jalan, dan berada di sekitar Museum Perjuangan. Kegiatan tersebut disambut antusias dan juga mendapat respon positif, serta ucapan terima kasih dan doa dari masyarakat. Para tim kembali menuju titik kumpul sebelum pukul 11.00 WIB dan dilanjutkan dengan melihat-lihat peninggalan sejarah di Museum Perjuangan. Setelah kegiatan tersebut usai, dilanjutkan dengan makan siang bersama dan kegiatan ditutup dengan evaluasi serta apel penutup pukul 12.15 WIB.

Ucapan rasa terima kasih kami ucapkan kepada Ibu Ade Heri Mulyati M.Si selaku Ketua Program Studi Kimia beserta jajarannya yang telah menyediakan masker sebanyak 480 buah, para pimpinan dan pengurus Museum Perjuangan yang telah membantu selama kegiatan berlangsung. Dan tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih atas dukungan serta perizinan dari pemerintah setempat, mulai dari RT/RW 02 Ciwaringin, Lurah Ciwaringin, Camat, Kapolsek Bogor Tengah serta DANRAMIL 0601 sehingga kegiatan dapat berjalan dengan tertib dan tidak menimbulkan kegaduhan antara para peserta dan warga sekitar.

Baca Juga Berita Lainnya  Program Samisade, Desa Tegalwangi Mulai Bangun Infrastruktur Jalan Desa

Dari kegiatan kami di Jalan Merdeka terlihat masih banyak warga yang mengabaikan protokol kesehatan, juga masih banyak warga yang melintasi daerah tersebut tidak menggunakan masker. Hal ini dibuktikan dengan jumlah masker yang kami sediakan sebanyak 480 buah dan habis tak bersisa dalam kurun waktu kurang dari 2 jam. Hal ini menggambarkan kesuksesan acara bakti sosial yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMASKA) Universitas Pakuan.

Dengan adanya kegiatan tersebut, besar harapan agar warga sadar akan pentingnya protokol kesehatan di era new normal ini sehingga dapat menekan angka peningkatan Covid-19 di Indonesia khususnya di kota Bogor.

( Dede Surya )