Babinsa Desa Renggasjajar Dampingi Dinas PUPR Kabupaten Bogor Tinjau Lokasi Bencana Banjir Bandang Cigudeg

CIGUDEG, BB|NEWS – Babinsa Dan Babinkamtibmas Desa Renggas Jajar, Kecamatan Cigudeg, Dampingi Dinas PUPR Kabupaten Bogor.

Akibat curah hujan yang cukup tinggi dan durasi waktu yang cukup lama yang berlangsung lebih dari dua jam di hulu sungai Cidangdeur, yang menimbulkan luapan air yang cukup besar dengan membawa sampah dan material lumpur sehingga menggenangi rumah warga di tiga RW dan delapan RT yang terletak di Kampung Kadaung, Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, pada Senin malam (17/05/21).

TidakHanya itu, banjir susulan terjadi kembali pada Kamis malam kemarin juga disebabkan curah hujan yang cukup tinggi di hulu sungai Cidangdeur, kejadian tersebut makin diperparah karena pendangkalan sungai dan jebolnya tanggul penahan air sisi kiri dari bendungan yang berdekatan sekali pemukiman warga, pendangkalan itu juga dipicu oleh adanya bendungan pembagian air guna mengaliri sawah yang berada di hilir bendungan tersebut serta jika dilihat secara kasat mata pemukiman warga letaknya berada di bawah permukaan air sungai bendungan tersebut sehingga saat tanggul jebol otomatis hujan sedikit saja akan memasuki pemukiman warga, dengan di jebolnya bendungan tersebut diharapkan aliran sungai menjadi normal kembali.

Terkait hal tersebut, Babinsa Rengasjajar Koramil 2118/Cigudeg Kodim 0621 Kabupaten Bogor Serka Hendi bersama Pemerintah Desa Rengasjajar mendampingi Dinas PUPR Kabupaten Bogor melaksanakan pengerukan aliran sungai Cidangdeur dan penjebolan bendungan yang sudah tidak efektif lagi penggunaannya di karenakan sudah banyak persawahan yang beralih fungsi menjadi pemukiman warga sehingga bendungan tersebut sudah tidak berfungsi maksimal lagi.

Baca Juga Berita Lainnya  Pemdes Bojong Adakan Musrenbangdes Bahas Prioritas Rencana Pembangunan

Tampak hadir dalam pelaksanaan normalisasi dan penjebolan bendungan tersebut, Kepala Desa Rengasjajar, Bhabinkamtibmas Desa Rengasjajar, Dinas PUPR, anggota BPBD Kabupaten Bogor, BPD Desa Rengasjajar, para Kadus Desa Rengasjajar, RT dan RW serta Masyrakat terdampak.

Dalam kesempatan itu, Babinsa Rengasjajar Serka Hendi menjelaskan salah satu masalah penyebab bencana banjir adalah curah hujan yang cukup tinggi sehingga menyebabkan meluap nya sungai Cidangdeur yang sudah tidak mampu menampung debit air dari hulu ditambah juga pendangkalan sungai yang diakibatkan adanya bendungan yang tepat berada di Kampung Kadaung Desa Rengasjajar, kondisi makin diperparah setelah jebolnya tanggul penahan air disisi atas bendungan tersebut, memang bendungan tersebut dahulunya tidaklah berada terlalu dekat dengan permukiman seiring waktu makin sempitnya lahan permukiman sehingga yang dahulunya persawahan beralih fungsi menjadi permukiman, mudah-mudahan setelah bendungan tersebut di jebol dan air akan semakin deras kehilir karena tidak lagi ada penghambat tanggul bendungan yang melintang di badan sungai Cidangdeur.

Baca Juga Berita Lainnya  Pemdes Sipak Adakan Rakor PPKM Darurat

“ Salah satu upaya kita untuk mencegah adanya banjir yaitu dengan melakukan normalisasi aliran sungai dari sampah dan material lain yang mengambat aliran air, Alhamdulillah dari Dinas PUPR bergerak cepat dalam merespon permintaan Pemerintah Desa Rengasjajar dan warga yang terdampak banjir.”ungkap Serka Hendi.

Sementara itu saat ditemui awak media, Rusli, S.I.P. selaku Kepala Desa Rengasjajar sangat mengapresiasi dan mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah bahu membahu dalam rangka penanganan bencana banjir bandang yang menerjang Desa Kami ini, kepada Dinas PUPR kami sangat berterimaksih permintaan kami segera terealisasi begitu juga kami ucapkan terimakasih kepada Babinsa Serka Hendi yang telah mencurahkan tenaga dan fikirannya untuk membantu kami sejak malam kejadian sampai saat ini tidak pernah meninggalkan Desa yang menjadi tanggung jawab nya.

“ Keberadaan Babinsa sebagai unsur pembina kewilayahan sangatlah kami rasakan manfaatnya dan menjadi solutor dalam mengatasi kesulitan rakyat, terlebih menyangkut teselamatan warga dari bencana alam seperti banjir saat ini. ” pungkasnya.

(Dede Surya)