Puskesmas Curug Luncurkan Inovasi Tanaman Keluarga Untuk Di Buat Obat Tradisional

  • Whatsapp

 

Jasinga, BB|NEWS  – Dimasa Pandemi covid-19 banyak masyarakat yang takut untuk berobat ke Puskesmas, Dengan Alasan takut tertular Covid 19, Salah satunya di Puskesmas Curug, Desa Curug, Kecamatan Jasinga, kabupaten Bogor.

 

Dengan demikian Puskesmas Curug berinisiatif membuat luncuran inovasi baru yaitu tanaman keluarga (TOGA), Dengan memanfaatkan tanaman yang ada disekitar atau di lingkungan sekitar seperti Jahe, Lengkuas dan lainnya.

 

Alih Yuliadi, Kepala Puskesmas Curug Membuat obat herbal menggunakan tanaman yang mudah ditemukan di kalangan Masyarakat.

“Kami membuat inovasi baru ini yang disebut tanaman keluarga atau bisa disebut oleh kami (Petruk) yang artinya  permanfaaat Tanaman tradisional untuk kesehatan, ini akan menjadi pengganti obat-obatan pabrikan (Farmasi), kita kelola dulu yang ada di Masyarakat untuk dijadikan obat-obatan keluarga Seperti jahe lengkuas, Talas Belitung dan lidah mertua, ” ucap Kepala Puskesmas

 

Nantinya, Lanjut Alih Yuliadi ” Sebelum kita luncurkan obat yang menggunakan bahan tanaman tradisional, kami akan rangkul Kader Posyandu, untuk mensosialisasikan kepada Masyarakat dilingkungan, Saya berharap Dengan adanya sosialisasi dan Inovosi ini, masyarakat bisa memanfaatkan tanaman apotik hidup yang ada di halaman rumah masing masing sebelum berobat ke puskesmas.”ungkapnya, Rabu (9/6).

 

Ditempat yang sama, Dendi Nugraha, Staff Puskesmas Urug sekaligus Kordinator Program Obat Tradisional menjelaskan, bahwa bahan – bahan yang digunakan untuk meracik obat tradisional tersebut sangat mudah di dapat, karena sangat umum di tempat atau perkebunan Masyarakat.

( Ilham )