Pemdes Curug Lantik Anggota Linmas periode 2021-2025

JASINGA, BBnews – Pemerintah Desa Curug, Kecamatan Jasinga ,Kabupaten Bogor, giatkan pengkukuhan serta ijab sumpah Anggota Linmas Desa Curug, dengan Dihadiri Muspika serta Satpol PP kecamatan Jasinga serta beberapa tokoh masyarakat.

 

Satuan Linmas adalah warga yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Istilah Linmas yang merupakan singkatan dari Perlindungan Masyarakat telah mengalami distorsi pengertian sehingga terjebak dalam anggapan umum yang hanya mengaitkan dengan sebuah fungsi dalam masyarakat yaitu fungsi linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip.

Dengan awal kegiatan yang berlokasi Di kantor Desa Curug yang langsung dilantik oleh Kepala Desa Aton dengan berbagai beberapa acara Yaitu pengangkatan penetapan serta pelantikan dan yang terakhir sumpah Anggota dan beberapa Siraman rohani guna adanya simbolis atau ketuk Palu secara langsung.

Baca Juga Berita Lainnya  Pemdes Sipayung Kecamatan Sukajaya Adakan MusrembangDes

Sementara menurut Kepala Desa Curug Aton menjelaskan dalam Pengukuhan dengan Adanya Linmas Baru bisa mengayomi masyarakat dalam semua kegiatan.

“Dengan adanya Pengukuhan Linmas Desa Bisa mengatur seperti keamanan dan ketentraman serta Mengikuti kegiatan Rutin yang bersifat Sosial meski nantinya Ada warga yang meminta Bantuan Linmas tetap kita bantu dan nantinya kita sudah atur jadwal kegiatan guna terus beroperasi dan menjaga kenyamanan Warga Curug ”

Aton juga menyebutkan bahwa dengan terobosan Baru ini dengan adanya bantuan seperti Pelatihan Dari Kalangan Babinsa Curug

“Kita sebelumnya sudah melatih setiap Anggota agar Bisa disiplin Dan mempunyai Loyalitas dan integritas Yang tinggi kepada Masyarakat maupun Desa ini “ucap Jaro Aton.

Baca Juga Berita Lainnya  Harga Telur Dan Minyak Naik Melejit, Pedagang Kecil Ikut Menjerit

Ditempat yang sama Babinsa Serda Rusman selaku Babinsa Curug menuturkan bahwa dari Muspika khusus nya Babinsa siap menjalankan pelatihan fisik maupun kedisiplinan.

“Kami akan Kolaborasi dengan Linmas dan akan kami ikut serta dalam Pelatihan Rutin agar Menjadi potensi Ksatria dan Sebagai salah satu Kegiatan Abdi Negara Khususnya di wilayah Desa Curug Kecamatan Jasinga .Bahkan untuk anggota 10 orang ini mungkin kedepannya ada penambahan yaitu dibagi 5 Regu yang satu Team regu di isi oleh 5 Anggota Linmas serta kami berharap dengan adanya Linmas baru Seragam Baru maupun orang baru Bisa menjadi kelompok-kelompok yang menjaga ketertiban masyarakat serta kenyamanan demi menjaga Warga Desa Curug Yang tentram “tutup Babinsa Rusman.

( Ilham )