Musrembang Desa Harkatjaya, Pembangunan Pasca Bencana Akan Menjadi Prioritas

SUKAJAYA, BBNews –Pemerintah Desa (Pemdes) Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, bahas program Rencana Kegiatan Program Desa (RKPDes) tahun 2022 mendatang, Dalam rapat Musyawarah Rencana Pembangunan Desa ( MusrembangDes ) yang digelar di Aula Desa Harkatjaya Dengan mematuhi prokotol kesehatan, Jum’at (08/10/2021).

Acara tersebut dihadiri kasie ekbang,kasie trantib, Pendamping Lokal Desa , Upt peternakan, Babinsa,Babinkamtibmas, Danramil Cigudeg Nandang, RT,RW, BPD, LPM, Kader Posyandu,MUI Desa, Kepala Sekolah, SD dan SMP serta tokoh masyarakat setempat, Dengan menimbang perencanaan pembangunan Skala prioritas yang mengacu pada Sustainable Development Goals ( SDGs ), yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021 sampai 2023.

Mulyana, kasie ekbang kecamatan Sukajaya mengingatkan kepada masyarakat untuk terus giat dalam program Vaksinasi agar pencapaian 100% Didesa Harkatjaya.

“Saling mengingatkan Kepada masyarakat agar mengikuti kegiatan suntik vaksin agar pencapaian Desa Harkatjaya terbantu, ini demi kesehatan semua pihak apalagi kita menginginkan semua aktivitas berlangsung seperti semula dan tidak ada batasan apapun “ucapnya.

Ketua BPD akan bersinergi dengan pemdes dari mulai perencanaan sampai pelaksanaan pembangunan Desa.

“Sebagaimana Tupoksi kita sebagai Mitra dari Pemdes untuk terus bersinergi serta mengawasi semua perencanaan pembangunan yang akan datang, Tentunya dengan mengawasi pelaksanaan berlangsung nanti, Karna kami berharap semua aspirasi masyarakat yang dibutuhkan harus bisa terealisasi secara perlahan-lahan seseui anggaran yang diturunkan oleh pemerintah Daerah maupun Pusat “Cetusnya.

Baca Juga Berita Lainnya  Bhabinsa Desa Bunar Terus Giatkan PPKM Skala Mikro Dan Bagikan Masker Kepada Masyarakat

Dalam sesi penyampaian aspirasi di Musrembang, Suherman, Kepala Dusun 1 berharap kepada Dinas atau instansi lain khususnya Dinas peternakan Dan pertanian untuk meninjau langsung Lahan pasca Bencana longsor yang tidak bisa lagi digarap.

“Ini kesempatan satu tahun sekali dan kalo ada Dinas Peternakan karena ini masa pemulihan pasca bencana, kami memohon ditinjau langsung demi pemulihan ekonomi dan agar bisa mengurangi pengangguran pemuda, dampak dari bencana longsor 2020, Kami berharap Dinas lain turun langsung bukan hanya ke Desa tapi kesetiap Dusun yang tanahnya sekarang tidak lagi bisa digunakan akibat Longsor “Harap Kepala Dusun 1 Suherman.

Selaku Pendamping Lokal Desa Lili menuturkan bahwa pembangunan yang akan datang mengacu dari Permendes Nomor 7 tahun 2021 untuk pembangunan 2022-2023 seseui Sustainable Development Goals sesuai Pendataan Desa.

“Pada dasarnya pembangunan yang akan datang sesuai dengan skala prioritas mengacu pada Permendes No 7 Tahun 2021 harus melihat Role pembangunan seseui perencanaan apa yang dibutuhkan contohnya Tanggap terhadap pangan kepada kelompok tani, Desa peduli terhadap pendidikan dengan mencari solusi yang ada dimasing-masing dusun seperti sekolah apa yang dibutuhkan saat ini dan desa harus peduli dengan perempuan, intinya apa yang ada di Data Sdgs itu menjadi patokan pembangunan kedepanya menjadi skala prioritas maupun non prioritas”imbuhnya.

Baca Juga Berita Lainnya  Desa Jayaraharja Adakan Musdesus Di Kantor Desa

Saat dikonfirmasi Kepala Desa Harkatjaya Neneng Mulyati menyampaikan, Dengan Digiatkanya Musyawarah perencanaan pembangunan Desa Bisa mengatahui semua usulan dan memilah skala prioritas pasca bencana.

“Untuk wilayah Harkatjaya Masih memprioritaskan pembangunan infrastruktur pasca Bencana ,jadi masih banyak infrastruktur yang harus dibenahi oleh pemerintah Dan untuk pembangunan yang mengacu dari Permendes atau Sdgs, Alhamdulillah kita tidak ada hambatan dan satu lagi memang dalam bidang pertanian dan peternakan belum terlalu merapat kepada Dinas itu dan belum terealisasi secara langsung Ajuan yang pasca Bencana, Semog kedepanya bisa lebih baik lagi dalam pelaksanaan pembangunan yang ada diwilayah Harkatjaya, serta anggaran yang diturunkan bisa terealisasikan semuanya kepada Masyarakat”Pungkasnya.

( Ilham )