Masyarakat Desa Cisarua Kecamatan Sukajaya Masih Gaptek

SUKAJAYA, BBNews- Di zaman modern sekarang ini, yang segala sesuatu nya hampir semua orang mengandalkan Internet untuk sarana komunikasi, maupun guna mendapatkan informasi agar lebih mudah melalui Media Sosial, dan jejaring sosial lainnya, tentu sudah tidak asing lagi bagi Masyarakat.

Namun, dibeberapa daerah masih saja ada Sebagian Masyarakat yang masih gagap teknologi ( Gaptek ). Salah satunya berada di Kampung Cisalak, Desa Cisarua, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Sinyal telekomunikasi untuk sambungan internet belum sepenuhnya dirasakan warga, khususnya bagi Pelajar pada saat ingin belajar Daring, untuk komunikasi wargapun kesulitan Sehingga, harus mencari sinyal sampai keluar Desa. Hal ini tentu sangat menyulitkan banyak warga di tengah era digital, Seperti yang dialami para pendamping Desa dari Kemendes PDTT, yang bertugas di Desa yang tidak memiliki jaringan internet, Sedangkan mereka beraktivitas berbasis online.

Baca Juga Berita Lainnya  Program SDGs Desa Mekarjaya

Sekertaris Desa Cisarua Nana, Membenarkan Gagap Tekhnologi di Desa nya, yang menghambat warga khususnya pelajar pada belajar Daring.

“Betul di Desa kami masih tidak ada sinyal internet sama sekali, kalau ingin mendapatkan sinyal harus ke wilayah pasir madang, itupun kadang ada kadang tidak, tergantung Kondisi cuacanya kalo hujan Otomatis juga hilang sinyalnya dan untuk sinyal internet ada juga warga yang memakai sewa WiFi itupun hanya dapat sekitar 2 jam sekali “Ucapnya.

Baca Juga Berita Lainnya  Pemdes Cigudeg Bagikan BLT DD Ke 200 KPM

Ia juga mengatakan, kurang lebih ada 5 kampung yang terindikasi masih tidak adanya sinyal seluler.

“Untuk sinyal yang sulit diantaranya Kampung Lebak Sanab, leuwijamang, Cisalak dan Sarong baru dan masih ada kampung lain,intinya hampir 1 Desa ,tapi untuk Didesa kita ada dari diskominfo gratis Alhamdulillah “Lanjut Sekdes Nana.

Sekretaris Desa itupun berharap kedepannya internet Bisa sampai Ke Desa nya, karena sangat dibutuhkan saat komunikasi pada keluarga yang diluar kota khususnya untuk pelajar yang sangat terhambat untuk belajar Daring.

( Ilham )