Minta Penjelasan, Camat Sukajaya Panggil Kades Harkatjaya

SUKAJAYA, BBNEWS- Terkait adanya dugaan tidak transparannya Kepala Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, dalam pengalokasian Dana Desa tahap pertama pada bulan Juli 2021 lalu, dapat tanggapan dari Camat Sukajaya.

Sebelumnya, Ketua TPK, Encep Saepudin membeberkan, Anggaran sebesar Rp.128.000.000,- dari Dana Desa tahun 2021, yang seharusnya untuk pembangunan betonisasi jalan lingkungan, di Kampung Pasir Ipis, Cibuluh Dan Pasir Kupa, Namun hanya diberikan Rp.85.000.000 oleh Kades untuk membangun.

Bacaan Lainnya

“Saya hanya di berikan Rp.85.000.000,- untuk bangun betonisasi jalan lingkungan di tiga titik, padahal yang saya tau anggaran itu Rp.128.000.000, pas saya tanya sisa anggaran tersebut untuk apa, kades menjawab itu untuk Nerima tamu, bahkan saya pun tidak diajak Musyawarah prihal tersebut”Ungkap Encep, Senin (03/22).

Baca Juga Berita Lainnya  Terkait Pemberian Insentif RT dan RW Kades Sipak Adakan Konfrensi Pers

Menyikapi hal tersebut, Camat Sukajaya Rosidin, memanggil Kepala Desa Harkatjaya, untuk meminta keterangan dan penjelasan prihal permasalahan yang ramai di media pemberitaan.

“Menyikapi pemberitaan di Media, Saya sudah mengambil langkah-langkah memanggil Kepala Desa Harkatjaya untuk meminta Klarifikasi dan Verifikasi nya berkaitan dengan berita yang beredar, dan sudah dijelaskan oleh Bu Kades mengenai kegiatan-kegiatan di lapangan, terutama kegiatan yang menjadi berita, itu sudah dilaksanakan sesuai dengan mekanisme ketentuan dilapangan, dan kami akan melakukan pemantauan dan pembinaan, bukan hanya Desa Harkatjaya, tetapi kepada Seluruh Kepala Desa yang ada di Wilayah Kecamatan Sukajaya”Ungkapnya, Rabu (05/01/2022).

Neneg Nurhayati, Kepala Desa Harkatjaya, menjelaskan bahwa pembangunan yang di laksanakan di Desanya tersebut sudah sesuai prosedur.

“Beberapa hari kemarin sedang aktivitas di luar Kantor, untuk Dana Desa tahap pertama, Alhamdulillah sudah dilaksanakan dan dibangunkan sesuai dengan prosedur Pemerintah, kita bangunkan di tiga titik yaitu jalan lingkungan Kampung Cibuluh, Jalan lingkungan Kampung pasir Kupa Congcorang dan jalan lingkungan Kampung Pasir Ipis, dan pekerjaan itu di kelola oleh TPK Desa Harkatjaya, untuk pengalokasian Dana Desa dan Anggaran lainnya ditahun 2021, Saya rasa sudah maksimal” Ujarnya.

Baca Juga Berita Lainnya  Penyaluran Dana Desa Banyuasih

Tidak hanya itu, Neneng mengungkapkan, dari hasil monev pihak Kecamatan bersama Pendamping Desa, ada kekurangan volume, namun menurutnya hal tersebut sudah di kerjakan kembali.

” Hanya saja Memang ada kekurangan yaitu berdasarkan hasil monev Kecamatan bersama pendamping Desa, kekurangan itu ukuran volume kurang lebih sekitar 50 meter dan itupun sudah diperbaiki Dan Kita Bangunkan, untuk Program SAMISADE, Alhamdulillah sekarang sedang berjalan Pembangunannya, semoga pembangunan di Desa Harkatjaya kedepannya terealisasi dengan maksimal dan bisa menjadi lebih baik lagi”Tutupnya.

( TDS )