MAHASISWA IUQI DIMINTA TURUT KEMBANGKAN ‘DESA WISATA’ CIBADAK.

BBNEWS-Bogor, Kampus Institut Ummul Quro Al-islami (IUQI) Bogor mengirimkan sejumlah Mahasiswa ke Desa Cibadak Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor dalam program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) tahun 2021/2022.

Bukan tanpa sebab, Pasalnya Desa ini memiliki Potensi Wisata yang tengah dikembangkan sebagai Obyek Wisata berbasis Desa yang ditargetkan menjadi Ikon baru di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor.

Selain potensi Wisata Program pengembangan Usaha kecil atau UMKM menjadi prioritas dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat pasca Pandemi,” Desa wisata dan UMKM menjadi daya tarik masyarakat saat ini, Kami berharap Mahasiswa turut terlibat dan berkolaborasi, sehingga memiliki pengalaman terbaik bekerja sama dengan Masyarakat turut memajukan Potensi Desa” Ujar Nuraini, M.Pd. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) saat memberikan sambutan dan penyerahan 15 Mahasiswa secara ceremonial di depan sejumlah perangkat Desa dan Perwakilan Tokoh Masyarakat di Kantor Desa Cibadak,( Senin 01/08/2022).

Menurutnya Desa Wisata saat ini menjadi trend baru yang tengah di gencarkan oleh pemerintah Pusat, Sehingga menurut alumni Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES) Mahasiswanya sengaja diterjunkan untuk bisa bekerja sama dan terlibat langsung di sektor Wisata berbasis Desa khususnya maupun sektor UMKM,
“Kami berharap sambil membawa misi kampus Mahasiswa berkolaborasi dengan masyarakat dan terlibat dalam proses pengembangan dan ‘marketing’ Obyek Wisata Desa serta pendampingan UMKM” Imbuhnya.

Lebih lanjut, Penyuka Olah raga berkuda ini berpesan, Selain mendampingi dan mengedukasi masyarakat mahasiswa mampu menjaga nama baik Al-mamater kampusnya, “Mahasiswa adalah utusan Kampus yang akan menularkan virus kebaikan kepada Masyarakat, manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mengabdi dan mempersembahkan karya terbaik kepada masyarakat” Pungkasnya.

Jumron, Ketua BPD Desa Cibadak dalam sambutanya mengaku senang dan siap bersama Warganya akan bekerja sama dengan baik, Ia berharap akan bisa berkolaborasi mengembangkan potensi Desanya, pasalnya pasca Pandemi Desanya tengah menggencarkan prioritas Programnya untuk ‘mendongkrak’ ekonomi warga” Sesuai dengan semboyan kami Cibadak Desa Ramah, maka kami siap menerima dan berkolaborasi untuk memaksimalkan Potensi Desa kami ” ujarnya sambil menyampaikan permemohonan maaf atas ketidak hadiran Kepala Desa karena tengah mengikuti rapat Dinas.

Lebih lanjut, Ia menguraikan Prioritas program Desanya tengah gencar ‘menggarap ‘ tiga Lokasi Wisata, yakni Kawasan Wisata gunung Cibodas, Puncak Galau, Puncak lalaan dan puncak ratu paninjauan sehingga Ia berharap kehadiran Mahasiswa IUQI bisa turut serta meningkatkan Potensi Wisata yang tengah digencarkan oleh Desa setahun belakangan ” Kami berharap Mahasiswa turut mensosialisasikan dan mem-viralkan Desa Wisata kami lewat Media Sosial begitu ya kira-kira” Imbuh Jumron mewakili Kepala Desa.

Selain Potensi Wisata, Jumron juga berharap pendampingan untuk peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui pemberdayaan kelompok Usaha kecil menengah atau UMKM juga bisa difokuskan” ” Pendampingan kelompok UMKM Warga juga kami butuhkan, Ide-Ide nya sangat kami harapkan misal menambah spot-spot foto menarik bagi wisatawan agar bisa menggerakkan Ekonomi masyarakat ” Pungkasnya.

Diketahui, Tahun ajaran 2021/2022 Perguruan Tinggi Islam dengan Slogan ” Kampus Aswaja ” satu-satunya di Kabupaten Bogor kembali menggelar KKM sebagai salah satu penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi di sejumlah Daerah.
Dengan tema “Bersinergi Dalam Mewujudkan Masyarakat Sosial yang Berahlakul Karimah” Para Mahasiswa diharapkan menjadi agen- agen perubahan yang mampu mensyiarkan nilai-nilai Islam Rahmatallil ‘Alamin berlandaskan Ahalus Sunnah waljamaah, ” Kalian adalah para Duta Kampus yang kami percaya mampu menyebarkan Virus-Virus Islam rahmatallil Alamin berakhlaqul Karimah berazaskan Ahlus Sunah Waljamaah dimanapun, Jaga marwah dan Almamater kebanggaan kita” Ujar Dr. Saiful Falah, M.Pd.I. (Rektor Institut Ummul Quro Al-islami Bogor) saat memberikan Motivasi dan Pelepasan Mahasiswa KKM di depan Gedung Rektorat.(Array *)

 

Sumber penulis Nuraini, M.Pd Dosen Bimbingan Konseling di Institut Ummul Quro Al Islami