Breaking News

Dalam upaya meningkatkan sanitasi dan kesehatan masyarakat, tujuh desa di Kecamatan Jasinga,

Jasinga|Barometer Bogor.id- Dalam upaya meningkatkan sanitasi dan kesehatan masyarakat, tujuh desa di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, meraih status ODF (Open Defecation Free) atau bebas dari praktik Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Deklarasi ini menjadi langkah bersejarah yang disambut baik oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.
Acara deklarasi ODF dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Sekdis Kesehtan Kabupaten Bogor, kepala puskesmas, pemerintah kecamatan, Danramil, kapolsek, serta tamu undangan. Langkah ini diharapkan akan memberikan dampak positif yang signifikan pada kesehatan dan lingkungan hidup di wilayah ini.

Deklarasi ODF, yang digelar di aula kantor Desa Bagoang pada Rabu, 18 Oktober 2023, memperlihatkan komitmen desa-desa tersebut untuk memberikan akses yang lebih baik kepada warganya terhadap fasilitas sanitasi yang layak. Praktik BABS telah lama menjadi masalah kesehatan masyarakat dan lingkungan yang perlu segera diatasi.

Dalam Menyampaikan Deklarasi sebagai bentuk mendukung ,berkomitmen bersama upaya mencegah Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Dengan ini kami menyatakan Kesediaan dan kesiapan ada 4 bagian 
1. Memelihara, menjaga dan meningkatkan kualitas rumah yang sehat di wilayah kecamatan Jasinga.
2. Mengupayakan Seluruh Rumah di wilayah Kecamatan Jasinga, memiliki akses terhadap jamban dengan tengki septik.
3. Melanjutkan komitmen ini upaya penyediaan jamban dengan tengki septik di wilayah kecamatan Jasinga 
4. Melanjutkan 4 Clean SPBM sanitasi total berbasis masyarakat lainnya secara berat bertahan .
Itu komitmen bersama yang kita lakukan sebagai bukti bahwa kita mendukung kegiatan ini.
Mari kita semua sama-sama mengukuhkan dengan tanda tangan yang sudah di siapkan "Ujar Drs.Santoso,M.A Camat Jasinga.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Agus Fauzi, menyatakan, "Deklarasi ODF hari ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan mengingatkan masyarakat tentang pentingnya tidak buang air besar sembarangan. Ini adalah langkah berani yang harus diapresiasi."

© Copyright 2022 - barometerbogor.id