Breaking News

Di Acara musrenbang Desa Sukamaju lebih fokus di penanganan rawan bencana


Cigudeg Barometer bogor  Desa Sukamaju Gelar Acara Musrenbangdes Selasa 16 September 2023  di kantor Desa Sukamaju kecamatan Cigudeg kabupaten Bogor Turut Hadir di acara musrenbangdes  Camat Cigudeg ,sekcam ,kades sukamaju ,BPD,LPM,Babinsa,babinmas, tokoh agama dan perangkat desa.

Camat Cigudeg pardi mengatakan  hari ini kita bersama" telah melaksanakan kegiatan musrenbangdes dimana kegiatan ini merupakan kegiatan yang harus dilakukan setiap desa ,untuk merencanakan kegiatan yang  akan dilaksanakan di tahun 2024. dimana musrembang ini ada dua autput  yang pertama utk menyusun RKPDES  tahun 2024 dan menyusun daftar usulan rencana kegiatan yang akan dijadikan sebagai bahan musrenbang utk RKPDES  ditahun 2025 yang nantinya  akan d bahas dikecamatan awal tahun.

Utk kecamatan Cigudeg karena masuk dalam zona rawan rencana maka kita sarankan juga agar dianggarkan utk kegiatan penanggulangan bencana.ada penekanan dari pemkab untuk kecamatan" yang rawan bencana masing masing desa menganggarkan kegiatan penanggulangan bencana alam.  termasuk untuk antisipasi bencana kekeringan.termasuk kejadian yang tidak terduga . Ungkap pardi.

Di tempat yang sama Kades sukamaju Dahyudin mengatakan di acara  musren ini ada kaitan bencana alam karena sukamaju ini hampir setiap tahun langganan bencana.untuk itu  kedepan akan menganggarkan dana   rawan bencana .  sampai saat ini ada beberapa titik yg memang sudah dari  tahun 2022 sudah kita kerjakan seperti kemarin longsor ada 2 rumah termasuk 1 rumah yg kena puting beliung itu sudah diantisipasi oleh pemdes.setiap tahun itu selalu ada sekian persen dana penanggulangan rawan bencana alam atau bencana kekeringan yg sekarang ini.

Walau anggarannya diakhir dari dana desa tapi kegiatannya sudah kita laksanakan.termasuk dua rumah yg longsor ,satu rumah kena puting beliung dikampung ciasahan dan satunya lagi jalan yg longsor ,serta banjir 2022 saat bulan Januari. 

Adapun Usulan  usulan dalam musrenbang tadi lebih kepada infrastruktur  ketahanan pangan pendidikan dan terkait kerawanan bencana ,termasuk pemberian pupuk dan pemberian bibit,kepada lima kelompok tani yang ada didesa sukamaju .
© Copyright 2022 - barometerbogor.id