Breaking News

Berkah di Bulan Suci Ramadhan, SMPN 1 Kudus Adakan Berbagai Kegiatan Keagamaan Hingga Sosial

BaromterBogor.id-Bulan suci Ramadhan 1445 H atau tahun 2024 M dimanfaatkan oleh siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN 1) Kudus untuk mengikuti kegiatan tadarus Al-Qur’an, berbagi ta’jil, dan zakat fitrah.

Wakil Kepala Sekolah II Sumber Daya Sekolah (SDS) Eko Purnomo S.Pd., M.Pd., mengatakan, setiap bulan Ramadhan kita selalu mengadakan kegiatan kegamaan hingga sosial. Kegiatan tersebut mulai dari tadarus Al-Qur’an, berbagi ta’jil, dan berbagi zakat fitrah yang kita berikan kepada murid yang kurang,mampu, staf dilingkungan sekolah, hingga kepada warga lingkungan sekitar sekolah.

“Ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun kita laksanakan dilingkungan SMPN 1 Kudus”, kata Eko Purnomo, Kamis, 4 April 2024 siang.

Untuk kegiatan bulan ramadhan kali ini ada tiga kegiatan yang kita laksanakan yakni"


1.Kegiatan tadarusan bersama para pelajar yang muslim mulai kelas VII, VIII, dan IX. Kegiatan ini dilakukan pada awal bulan Ramadhan 1445 H yang dilaksanakan setiap harinya pada awal belajar, yang dilakukan setiap harinya ada dua kelas, yakni kelas VII a dan VII b, kemudian kelas VII c dan VII d begitu seterusnya hingga kelas IX.

2.Kemudian pada tanggal 25 Maret 2024 kemarin kita adakan bagi-bagi ta’jil. Ada ratusan ta’jil yang kita bagikan didepan SMPN 1 Kudu di Jl. Sunan Muria No.10A, Barongan, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus. Ta’jil tersebut dibagikan kepada warga yang melintas jalan tersebut. 

3.Kemudian yang terakhir kita kumpulkan zakat fitrah yang kita bagikan kepada siswa-siswi, staf dan pegawai, serta warga dilingkungan sekitar sekolah yang kurang mampu.

Lebih lanjut Eko Purnomo menegaskan, bahwa kegiatan ini untuk memperkuat ketaqwaan para pelajar dan melatih para pelajar untuk peduli sosial, dan lingkungan sekitar.

Sementara itu, Ahadi Setiawan, S.Pd., M.Pd., Kepala Sekolah SMPN 1 Kudus mengungkapkan, bahwa kegiatan Ramadhan merupakan agenda rutin yang digelar sekolahnya setiap kali bulan suci Ramadhan tiba.

Menurutnya kegiatan tersebut untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa, untuk membentuk karakter yang religius bagi para siswa SMPN 1 Kudus melalui progam yang telah kami rencanakan”, jelasnya.

Lebih lanjut Wawan panggilan akrab Ahadi Setiawan menambahkan, bahwa dalam kegiatan tersebut pihaknya juga melakukan sejumlah motivasi-motivasi kepada siswa untuk bisa memanfaatkan bulan ramadhan ini dengan sebaik-baiknya.

Kami berharap melalui rangkain kegiatan ini, para siswa bisa terpacu untuk terus memperdalam agama, meningkatkan ketaqwaan dan membentuk karakter religius dalam jiwa siswanya.


( Ramidi)

© Copyright 2022 - barometerbogor.id